Sajadah Qolbu

[ Dan pada sebagian malam,Bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya…" (QS Al-Insan [76]: 26 ]

Let's Go…Mengenal Teknik Kimia?

Posted by [ ADMIN ] pada Maret 8, 2009

Mengenal Teknik Kimia

Versi Pdf ( Download di sini !)

Apa yang dimaksud dengan teknik kimia?

Teknik kimia adalah cabang teknik yang memproses bahan-bahan, sehingga mengalami perubahan tingkat wujud, kandungan energi, atau komposisi. Selain itu, teknik kimia juga merupakan cabang teknik yang mengubah atau memisahkan bahan-bahan menjadi produk yang bermanfaat. Sehingga dapat disimpulkan, teknik kimia adalah bidang teknik yang mempelajari pengubahan bahan-bahan menjadi produk yang bermanfaat dan secara ekonomis menguntungkan.

Teknik kimia itu berhubungan dengan apa saja sih?
Tekim berhubungan dengan desain, konstruksi, dan operasi mesin dan peralatan untuk membuat suatu produk, seperti obat, plastik, dan karet sintesis dengan menggunakan reaksi kimia untuk produksi berskala besar. Karena berhubungan dengan hal-hal tersebut, maka ahli tekim harus memahami kimia dan teknik mesin.

Jadi, apa yang dipelajari dalam teknik kimia?

Disini kamu akan belajar tentang berbagai hal yang berhubungan dengan konveksi bahan menjadi produk, mulai dari kondisi operasi yang sesuai, alat-alat pendukung, operasi-operasi yang tepat, reaksi kimia untuk menghasilkan konversi produk itu, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga akan mempelajari listrik, bahan konstruksi, dan kerja mesin sebagai pengetahuan pendukung.

Apa sih prinsip dasar dalam teknik kimia?

Prisip fundamental tekim yang terangkum dalam chemical engineering tools, merupakan cara berpikir dalam tekim yang mencakup neraca masa, neraca panas, kesetimbangan, proses-proses kecepatan, ekonomi, dan humanitas.

Apa manfaat tekim secara umum?

Secara umum tekim dapat digunakan untuk perancangan pabrik kimia secara cepat dengan pemahaman dan analisis dari kemampuan-kemampuan, seperti neraca massa dan neraca panas, termodinamika, operasi-operasi pemisahan bahan, proses-proses industri secara umum, kinetika dan reaktor kimia, perpindahan panas, pengendalian proses, perancangan alat, dan sebagainya.


Apa yang diolah di dalam pabrik kimia?

Dalam suatu pabrik kimia, inputnya adalah bahan baku yang disiapkan pada unit feed preparation. Sedangkan, yang digunakan untuk tempat berlangsungnya reaksi kimia adalah reaktor dengan suhu tertentu dan dengan memperhatikan kesetimbangan reaksinya.

Terus, gimana proses yang terjadi dalam reaktor tersebut?

Di dalam reaktor terjadi proses konveksi yang disebut sintesis bahan. Proses yang terjadi, yaitu konversi, pemisahan (pemurnian), sampai penyimpanan dan pengepakan (packing) untuk dijual kepada konsumen. Secara umum proses tersebut terjadi di semua pabrik kimia. Untuk mendapatkan produk yang banyak, maka harus memperhatikan suhu reaktor, kesetimbangan dan jenis reaksinya (eksotermis dan endodermis), sehingga akan didapatkan produk yang optimum.

Apa sih yang didapat dari proses tersebut?
Hasil dari pabrik kimia tersebut bermacam-macam, mulai dari semen, obat, plastik, dan lain-lain.


Output tersebut digunakan untuk apa?

Secara umum tekim digunaan untuk merancang alat atau proses yang lebih efektif dan ekonomis, sehingga dapat meningkatakan keuntungan suatu pabrik. Sebenarnya hasil dari aplikasi tekim sangat beragam.

Jadi, secara umum apa yang dihasilkan tekim?

Secara umum tekkim menghasilkan proses industri dan desain alat yang berguna pada pabrik.

Apa yang harus dapat dilakukan sebagai seorang ahli tekkim?

Sebagai lulusan tekkim kamu harus dapat menganalisis kelayakan operasi suatu pabrik, dan dapat mengendalikan jalannya pabrik. Kamu juga harus dapat mencari ide proses yang lebih ekonomis sekaligus merancang alatanya, sehingga dapat meningkatkan keuntungan pabrik kimia tersebut.


Penelitian-penelitian apa yang bisa dipelajari di tekkim?

Penelitian Eksploratif. Penelitian ini bersifat coba-coba dan bisanya dilakukan untuk menganti komponen lama dengan komponen baru pada suatu proses atau unit operasi, misalnya mengganti pelarut (solvent) untuk ektraksi, mengganti katalis, dan lain-lain. Dalam penelitian ini data-data pendukung yang tepat sangat membantu keberhasilan penelitian.

Penelitian Fundamental. Ini adalah jenis penelitian yang sanagt disarankan untuk mahasiswa strata-1. Hasil penelitian ini berkaitan erat dengan tekkim sebagai ilmu, diantaranya mencari koefisien transfer panas suatu emulsi, mencari koefisien transfer massa suatu larutan, mencari permodelan peristiwa kritalisasi. Selain itu, penelitian ini lebih mudah karena media penelitiannya sudah tertentu.

Penelitian Proses. Ini merupakan jenis penelitian yang sulit karena mencari bagaimana proses yang lebih baik, sehingga dapat menurunkan biaya produksi, meningkatkan kualitas hasil, dan sebagainya.

Apa saja bidang lain yang bisa dijadiin objek penelitian dalam teknik kimia?

Polimer. Polimer adalah senyawa kimia karbon berantai panjang. Misalnya, pembuatan plastik biodegradable yang ramah lingkungan, sintesis polimer, pendaurulangan polimer, dan sebagainya.

Minyak Bumi. Ditekkim kamu juga aan mempelajari minyak bumi, walaupun tidak mendalam. Penelitian yang bisa dilakukan, misalnya pembuatan aspal epure dari ekstrasi aspal buton, pembuatan biodisiel, pirolisis batu bara, dan sebagainya.

Bahan Makanan. Aplikasi unit operasi dan unit proses juga dapat diterapkan pada pengolahan makanan. Penelitian yang ditujukan untuk membantu industri pangan menyediakan bahan pangan yang aman, ekonomis, lezat, dan bergizi.

Keramik. Penelitian tentang keramik merupakan bagian penelitian material engineering untuk menghasilkan material-material baru yang dapat digunakan untuk keperlua khusus. Contoh penelitian di bidang ini adalah pemanfaatan cangkang telur untuk glasir, peningkatan mutu keramik menggunakan abu tulang, pembuatan semen murah dari abu sekam, pembuatan genteng ringan dengan memanfaatkan abu terbang batu bara, dan sebagainya.

Operasi Tekkim. Penelitiannya berkaitan dengan penelitian fundamental dan aplikatif tentang perpindahan massa, perpindahan panas, aliran fluida, dan pemisahan bahan. Topik bahasanya yang diteliti, misalnya dekolorisasi minyak goreng atau degredasi dan perpindahan massa pestisida di alam.

Proses Kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk yang berharga dari hasil pengolahan sumber daya alam. Topik yang dapat diangkat, misalnya pemungutan perak dari cairan cuci cetak film dengan proses elektrolisis dan alkoholisis minyak nabati.

Gelar apa yang akan disandang sebagai lulusan Teknik Kimia?

Gelar yang akan diperoleh adalah Sarjana Teknik atau lebih dikenal dengan S.T.

Anda bisa mendownload artikel ini versi Pdf

Versi Pdf ( Download di sini !)

Sumber : http://iatekunsri.org

Tapi sebelumnya, lihat dulu cara downloadnya ok

Nb: Panduan Cara Download Ebook ( klik disini )

Next Download :
Klik: Download Gratis ( Ebooks Software Lainnya…..!!! )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s