Sajadah Qolbu

[ Dan pada sebagian malam,Bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya…" (QS Al-Insan [76]: 26 ]

Ulama Al-Azhar Tolak Pengganti Adzan dengan Cahaya Lampu di Masjid Prancis

Posted by [ ADMIN ] pada Maret 1, 2010

Sejumlah ulama Al-Azhar menolak keputusan otoritas Prancis yang akan mengganti suara adzan lewat pengeras suara yang ada di salah satu masjid Prancis dengan kerlipan lampu berwarna hijau, para ulama tersebut secara bulat sepakat bahwa suara adzan dari masjid tidak bisa digantikan dengan bentuk lain, karena hal itu merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW dan bagian dari ritual ajaran Islam.

Syaikh Abdul Fattah Idris, profesor dan kepala Fiqh perbandingan pada Fakultas Syari’ah dan Hukum di Universitas Al-Azhar menyatakan: “Seruan untuk sholat (adzan) telah dtentukan sebagai ritual sunnah dalam ajaran Islam dan tidak mungkin digantikan dengan cara lain, seperti penggunaan lampu/cahaya berwarna hijau, karena seruan adzan dimulai dengan kalimat membesarkan Allah, oleh karena itu umat Islam tidak boleh mengabaikan teks-teks sunnah yang menunjukkan legitimasi seruan adzan apalagi berusaha menggantinya dengan cara yang lain.”

“Barang siapa yang mengklaim dan memberikan legitimasi cahaya lampu sebagai pengganti seruan adzan dari pengeras suara masjid, maka dia bukanlah seorang muslim, jika kondisi masjid di mana jamaah tidak mungkin mengerukan suara adzan lewat pengeras suara, maka seruan adzan tetap harus dilakukan,” kata Syaikh Idris.

Sementara itu sekretaris lembaga fatwa Mesir Syaikh Imad Affat menyatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh pemerintah kotamadya Marseille Prancis yang akan mengganti suara adzan dari masjid dengan tanda lampu berwarna hijau, merupakan tindakan konfrontasi terbuka terhadap Islam di Barat, karena telah berusaha menghapus ritual keagamaan resmi umat Islam.

Ia menambahkan bahwa sepertinya Barat tidak konsisten dengan prinsip kebebasan yang mereka anut, mereka tidak peduli dengan suara-suara bising dari tempat-tempat hiburan malam, namun ketika umat Islam berusaha menerapkan prinsip kebebasan dan HAM yang mereka junjung yang sering mereka sampaikan di berbagai forum, mereka mentah-mentah menolak.

Sebelumnya pemerintah daerah pantai kota Marseille Prancis, telah sepakat dengan pimpinan minoritas Muslim di wilayah itu untuk menggunakan cahaya lampu berwarna hijau sebagai alternatif pengganti suara adzan dari pengeras suara masjid, sebagai kompensasi pemberian izin untuk membangun masjid di wilayah tersebut, yang konon akan menjadi masjid terbesar di Prancis.

Sumber: Era Muslim

52 Tanggapan to “Ulama Al-Azhar Tolak Pengganti Adzan dengan Cahaya Lampu di Masjid Prancis”

  1. raka said

    Azan adalah seruan panggilan sholat tuk umat islam… Kita harus terus Tegakkan !!!

    • Benar sekali! Allahu akbar

    • havidaqoma said

      Bener!!!!!!!! Allahu akbar……..

      (info lomba dan beasiswa terbaru disini)

    • Maxi said

      Orang barat itu orang yg berpikir logis.. Kalo suara azan pagi2 pake Toa yg bersuara besar 10000Watt ya sangat mengganggu tidur mereka.. mereka proteslah..Dibawa ke pengadilan yaa azan keras2 tetap kalah karena dianggab mengganggu tetangga.. Muslim disanakan minoritas jadi gak usah mecem2 lah.. tau diri.. Seperti minoritas yg juga ada diIndonesia dg diskriminasinya dalam membangun rumah ibadah mereka yg dipersulit dalam beribadah, mereka tidak cengeng dan tau diri.. Berpikirlah dg sabda rasul ” hendaklah kamu licik seperti ular dan tulus seperti merpati”.. Hal itu kan sebenarnya gampang ya azannya pake orang aja jangan pake toa. lalu dibantu dg SMS untuk memberi tahu umat buat sembayang. Tehnologi sdh maju kok.. Kan sederhana toh…Orang barat itu rewel, tukang complain dan logis.. Gunakan pendekatan soft dan masuk akal. Kalo dg cara kekerasan anda akan ditendangnya..

      • patri said

        cah ngelu … gemblung tur pekok koe maxi .. kalo bisa membesarkan nama allah kenaa mesti takut !!!!

      • ahmad said

        maxi koe gemblung loe nggak tahu hadist aja jgn sembarangan ngomong,jgn takut sama barat dia menindas kt lawan, barat cuman bs kritik teriak HAM tp dia sendiri melanggar. LAWAN,PERANG,BASMI ZIONIS,AMERIKA&SEKUTUNYA. ALLAHUAKBAR 3*

  2. Robet said

    ini bukti bahwa peradaban barat yang menggembar-gemborkan kebebasan telah gagal!!

  3. gendra said

    mereka benar-benar tidak konsisten dengan prinsip kebebasan yang mereka anut.

  4. DEDI AMBARDI said

    BHAWA ADZAN ITU SEBAGAI TANDA ATAU ISYARAT AKAN DATANGNYA WAKTU SHALAT… DAN ITU SUDAH BERLANGSUNG SEJAK RIBUAN TAHUN YANG SILAM SEJAK TURUNNYA PERINTAH SHALAT DARI ALLAH SWT KEPADA NABI MUHAMAD SAW…. JADI HAL ITU MERUPAKAN KESATUAN YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DENGAN UMAT ISLAM…DAN ADZAN TIDAK DAPAT DIGANTI DENGAN ISYARAT CAHAYA LAMPU…

  5. erwan ardian said

    azan adalah bukan panggilan muazin tapi panggilan Allah Jala Jalaluh………perjuangkan saudaraku……Firman Allah >Kalau kamu membantu/memperjuangkan agama Allah Kamu pasti akan Ku bantu………….barakallahu fik

  6. girrel13 said

    udah mulai tanda2 nie……

    • budi luhur said

      adzan bagus…tp sangat memprihatinkan ketika muadzin menyerukan suara adzan tidak ada orang yg sholat berjamah,sehingga muadzin itu menjadi imam sekaligus ma`mum,dulu rosululloh SAW memerintahkan adzan supaya para sahabat&umat datang sholat berjamaah di masjid,tp sekarang adzan lbh mnjadi ritualitas yg tdk ada esensinya.

  7. Marhan Faishal said

    Bunyi musik yang kencang menurut Barat lebih keren daripada adzan. menurut mereka, panggilan setan lebih mulia daripada panggilan adzan. Masihkah kita kagum sama Barat?? Tanya kenapa.

  8. fansmaniac said

    Sesungguhnya Adzan lah yang mengiringi bumi ini berputar.
    Salam kenal Irfan

  9. Norman said

    Perancis….Lebih parah dari amerika………………..boikot produk prancis……usir aja dubes prancis dr indonesia…….bukannya aku garis keras….tapi buat apa Indonesia membuat hubungan bilateral dgn negara yang tidak mau menerima kebebasan beragama…..

  10. Abdul Aziz said

    di sana baru memperjuangangkan agar bisa azan
    di Indonesia sebagian orang muslim denger azan cuek aza he he he terutama dhuhur, asar, isya ama subuh meski hari libur sabtu dan ahad,padahal badan sehat, jalan menuju asal suara azan bagus, lampu terang kalo malam hari, air kran masjid/mushola lancar, masjid/mushola bagus, dan masih banyak nikmat lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Padahal sholat isya dan subuh berjamaah di masjid/mushola pahalanya sama seperti sholat tahajud semalam suntuk (Hadist riwayat Tirmidzi dishahihkan Albani)

  11. laskarbangpitung said

    La illa ha illaloh.

  12. Mielkam said

    bid’ah itu jangan dituruti,,,

  13. Mbah jamrong said

    kalau perlu biar lampu aja di ganti sama adzan dari pada adzan di ganti sama lampu……………terima kasih.

  14. victor said

    Adzan memang harus terus dijalankan walaupun tanpa pengeras suara, ya conditional aza, ambil hal yang lebih penting, misalnya mengembangkan Islam itu sendiri disana dan tidak harus confrontasi, karna akan menimbulkan efek negatif terhadap Islam. Seiring dengan berkembangnya waktu mungkin suatu saat ketika umat Islam di Eropah sudah seimbang dengan dengan umat lain, maka tidak ada lagi hambatan untuk melakukan ibadah dan lain2.

    • Maxi said

      Kayaknya sulit selama Islamnya masih menggunakan kekerasan..
      Islam disana kebanyakan dari pendatang Afrika negara bekas jajahan perancis..Harus dg pendekatan soft seperti yg dilakukan oleh Saint Peter waktu menyebarkan Kristen di Eropa.. dengan penderitaan yg berat dan lama..sampai2 meninggal karena disiksa disalib terbalik dg kepala dibawah.. Tapi buah dari perjuangan dan doanya. Membuat Holly Spirit bekerja mengKistenkan Eropa.. Dari Kekaisaran Roma menyebar ke London, St Peterbert, Jerman, Paris, Belanda lalu ke seluruh Eropa..
      Seperti jg Nelson Mandela atau Mahatma Gandi yg memperjuangkan kebenaran dengan non kekerasan walaupun dg perderitaan dg waktu yg panjang dan lama. tapi akan berhasil. Tuhan tidak tidur, Dia akan membantu tepat pada waktunya..

      • ahmad said

        MAXI LOE NGGAK TAHU SEJARAH JGN CUAP2 KAYAK BEO&PERKUTUT. LOE LHT ZIONIS ISRAEL MENINDAS ORANG PALESTINE JGN LOE LHT TERORIS PERORANGAN TP TERORIS NEGARA. JGN MELIHAT SEBELAH MATA JGN2 SIBUTA GUA HANTU LOE

  15. koropedang said

    Aneh2 aja. di negara sekuler itu

  16. oto2 said

    kok gitu sih??? gak menghargai blas kebebasan beragama, sebelah rumah nyanyi2 kebaktian juga gua nggak rewel???? temen gua konghucu waktu sholat juga gua nggak ganggu.. kok adzan mau diganti lampu???gimana otaknya tuh???!!!!

  17. bondan said

    hmmm.. (bingung mau komen apa) antara senang menemukan artikel yang bagus, belum saya ketahui. tapi isinya memprihatinkan. hiks…

  18. zain said

    biasanya yg lari jika mendengar suara azan tidak lain adalah Stn… Dan panggillah suadaramu lewat azan jika akan datang waktu sholat…..

  19. TAUHID said

    Barangsiapa yang menggantikan Adzan dengan hal/simbol lain…maka binasalah orang/kaum yang menggantikan Adzan tersebut…. ALLAH MAHA BESAR….

  20. khoir_Albani said

    Ass….ikhwanifiddin A’ajaniAllah waiyakum azmain,

    adzan bagian dari sholat,syariat agama dan sunnah rosul,maka jika ada yang coba mengusik agama islam maka kami sebagai sesama muslim ikut ambil andil, berjuanglah wahai saudaraku aku berusaha membantu, baik do’a harta maupun jiwa, semoga rahmat dan kasih sayang Allah selalu menyertaimu, amin….

    BarakAllahufiq

  21. AGUS said

    ALLAHU AKBAR, ISLAM PASTI AKAN JAYA KEMBALI, TUNGGULAH!! JANJI ALLAH PASTI BENAR

  22. Kusuma said

    Semoga umat muslim bersatu, jangan mudah terpecah belah…

  23. […] Ulama Al-Azhar Tolak Pengganti Adzan dengan Cahaya Lampu di Masjid Prancis […]

  24. YANITA said

    Enak saja , adzan mau diganti dengan alat yang lain . SAYA BENAR – BENAR TIDAK SETUJU !!!
    Emangnya efektif gitu mengundang jamaah sholat hanya dengan cahaya lampu ???

  25. siapa yang nyuruh adzan di ganti ma simbol-simbol…..

    loe hadapi gua,,, kalau berani,,,

    thk’s

    allohu akbar,,,,,

  26. Hamba Allah said

    Ingatlah salah satu dari ciri2 kiamat yaitu sudah tidak adanya orang yang adzan dunia ini,, maka dari itu Kita harus menolaknya mentah2, adzan harus tetap di kumandangkan di seluruh dunia,!!
    Tobatlah Hai Manusia…
    Ingat akan kematianmu…

  27. asrul said

    suara azan perlu diperdengarkan, karena seruan sholat bagi muslim. prancis tidak boleh mengekang kebebsan dalam menjalankan agama bagi umat manusia. azan tetap mengawal dunia berputar hingga akhir jaman.

  28. saya tidak suka adzan memakai pengeras suara…… suaranya bising……. tambahan lagi jamaah yang datang ke masjid sedikit

    lebih baik seperti bilal… adzan dengan teriak sekeras-kerasnya, insya Allah jamaah yg niat sholat tetap akan datang

  29. Abd Al Rahim said

    Yaa arhamarrohimin, farij alal muslimin. Yaa Allah…menangkan umat Islam

  30. Abu jihad said

    Adzan sebagai tanda telah datangnya waktu sholat, saya tetap tidak setuju dgn tindakan penggantian tersebut. Tidak ada salahnya kita pakai jalan alternatif, dgn cara 1.tnp pengers suara,2. suaranya hanya didalam saja tetapi tetap ada yg mengingatkan telah datangnya wktu sholat dr rumah kermh. Di Indonesia bnyk Ko ky begitu ttpi jamaahnya tetap dtg untuk sholat krn kesadaran pentingnya arti sholat di mesjid

  31. narwan said

    makanya Allah gak memandang dunia saat Dia menciptakanNya…. Begitulah…..dengan kebebasan yang Dia berikan kepada manusia, mereka berbuat sesukanya… Tunggulah azab dariNya….Astaghfirullah…

  32. suhartono said

    Panggilan sholat beda dengan panggilan show yang hanya pakai lampu

  33. Elin said

    Maxi gendeng bin edan..hargai toleransi bragama donk..perlu diajarin lo ya..insyaf loh sblm dateng azab..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s